Saturday, November 22, 2008

Filled Under:

Menjaga Diabetes Agar Tidak Bertambah Parah

Konsultasi
Anne :
dr. Robby, ibu saya (58) tahun mengidap diabetes. Apa yang harus dilakukannya agar penyakit gulanya tidak bertambah parah?
dr. Robby maringka (RB) :
Penderita diabetes diharapkan selalu mengontrol kadar gula darahnya. Untuk itu, yang sangat perlu dilakukannya adalah menajga pola makan. Menyantap makanan-makanan yang mengandung zat gula dan lemak tinggi harus dikurangi. Kalau makan nasi tidak boleh banyak-banyak, cukup satu mangkok saja. Obat dari dokter jangan ditinggal, teruslah diminum. dan pastikan tekanan darah terkendali dengan baik.
Anne :
kapan sebaiknya ibu sya memeriksakan gula darahnya?
dr. Robby Maringka (RB) :
Sebaiknya ibu anda memiliki alat ukur gula darah pribadi dirumah. Dengan begitu kadar gula darah apat dicheck sewaktu-waktu tanpa harus berpuasa. Sekalipun alat pengukur darah pribadi tersedia, tetaplah melakukan pemeriksaan gula darah ke laboratorium yang didahuluin dengan berpuasa. Di laboratorium, gula darah akan dianalisa dengan lengkap dan bisa diketahui bagaimana kondisi gula darah selama 120 hari ke belakang. Dengan informasi ini perkembangan penyakit gula ibu anda dpat diketahui secara lebih detil.
Anne :
Saya sering lihat dn membaca bahwa penderita diabetes rentan mengalami luka yang bisa mengakibatkan terjadinya amputasi. Apa yang bisa dilakukan untuk menghindari hal tersebut?
dr. Robby Maringka (RB) :
Penderita diabetes rentan mengalami luka yang kaalu tidak cepat ditangani akan berkembang menajdi infeksi. Untuk menghindari hal ini, sellau gunakan alas kaki kemanapun pergi. Pilihlah alas kaki yang memiliki bagian terbuka sehingga kaki selalu mendapatkan aliran udara. Setiap akan memakai alas kaki, misalnya sepatu, periksa terlebih dahulu bagian dalamnya untuk memastikan tidak ada benda yang apat melukai kaki. Dan bila kaki sudah terluka, jaga jangan sampai infeksi dengan cara hindarkan bagian luka dai paparan air dan debu.
Anne :
Produk Tianshi apa yang perlu dikonsumsi ibu saya?
dr. Robby Maringka (RB) :
Penderita diabetes disarankan menkonsumsi Calcium 2, Green Barley 2, Chitosan, dan Vitality. Jangan lupa, tetaplah berkonsultasi dengan dokter secara rutin agar kesehatan ibu anda selalu terpantau.

Source : Power Of Tiens

0 comments: